Senin, 06 Juni 2011

Nematoda


seekor spesies nematoda baru telah ditemukan, tidak ada yang menarik selain makhluk ini ditemukan di kedalaman 3,6 km di dalam bumi, makhluk terdalam di darat yang pernah kita temukan.
Tulis Onstott (geomikrobiologi dari universitas Princeton) dan Gaetan Borgoni (ahli nematoda dari Belgium's University), 2 orang yang menemukan halicephalobus mephisto di daerah kedalaman tambang emas di Afrika Selatan. Borgonie menghabiskan waktu selama hampir setahun untuk meneliti, dengan cara mengambil sampel air dari kedalaman. Setelah menghabiskan kurang lebih 31.582 liter air, ia menemukan nematoda sepanjang 0,5 milimeter ini.
tim peneliti menemukan bahwa makhluk ini telah berada di kedalaman itu ribuan tahun lalu, penentuan tanggal berdasarkan isotop menunjukkan bahwa spesies nematoda ini berasal dari antara 3.000-12.000 tahun lalu.
penemuan ini menimbulkan tantangan baru, karena di kedalaman itu (dengan suhu dan tekanan yang ekstrim) masih ada makhluk hidup yang bertahan hidup di sana. Onstott berharap penemuan ini dapat menginspirasi peneliti yang lain untuk mencari kehidupan di daerah yang ekstrim. Karena setiap ada organisme pasti ada ekosistem di sekitarnya.


apa itu nematoda ?






nematoda adalah termasuk kelas cacing (ulat) yg hidup sebagai parasit pada tumbuhan, binatang, atau hidup bebas di tanah atau air


filum nematoda :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar