Rabu, 25 Mei 2011

Biomassa


Biomassa, dalam industri produksi energi, merujuk pada bahan biologis yang hidup atau baru mati yang dapat digunakan sebagai sumberbahan bakar atau untuk produksi industrial. Umumnya biomassa merujuk pada materi tumbuhan yang dipelihara untuk digunakan sebagaibiofuel, tapi dapat juga mencakup materi tumbuhan atau hewan yang digunakan untuk produksi seratbahan kimia, atau panas. Biomassa dapat pula meliputi limbah terbiodegradasi yang dapat dibakar sebagai bahan bakar. Biomassa tidak mencakup materi organik yang telahtertransformasi oleh proses geologis menjadi zat seperti batu bara atau minyak bumi.
Biomassa biasanya diukur dengan berat kering.


BIOMASSA

Biomassa?????????
Apa kalian pernah dengar?????????????
Apakah itu biomassa??????????????
Jika kalian belum tau mari kia pelajari bersama-sama!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Biomassa

Biomassa - Energi Terbarukan yang berasal dari Tumbuhan dan Hewan

Biomassa adalah bahan organik yang terbuat dari tumbuhan dan hewan. Biomassa mengandung energi  tersimpan yang berasal dari matahari. Tanaman menyerap energi matahari dalam proses yang disebut fotosintesis. Energi kimia dalam tumbuhan akan diteruskan ke hewan dan orang-orang yang memakannya.


Biomassa adalah sumber energi terbarukan karena kita selalu dapat menanam  lebih banyak pohon dan tanaman, dan sampah akan selalu ada. Beberapa contoh bahan bakar biomassa adalah kayu, tanaman, pupuk, dan beberapa jenis sampah.

Ketika dibakar, energi kimia dalam biomassa dilepaskan sebagai panas. Jika Anda memiliki perapian, kayu yang dibakar di dalamnya adalah bahan bakar biomassa. Limbah kayu  atau sampah dapat dibakar untuk menghasilkan uap yang digunakan untuk membuat listrik, atau untuk menyediakan panas untuk industri dan rumah.







Mengkonversi Biomassa menjadi Bentuk Energi lain


Membakar biomas bukanlah satu-satunya cara untuk melepaskan energi. Biomassa dapat dikonversi menjadi bentuk energi lain yang dapat dimanfaatkan, seperti gas metana atau bahan bakar transportasi, seperti etanol dan biodiesel.


Gas metana adalah bahan utama dari gas alam. Benda berbau, seperti sampah yang membusuk, dan pertanian dan kotoran manusia, melepaskan gas metana - juga disebut "landfill (TPA) gas" atau "biogas".

Tanaman seperti jagung dan tebu dapat difermentasi untuk menghasilkan etanol. Biodiesel, bahan bakar transportasi yang lain, dapat diproduksi dari hasil sisa produk-produk makanan seperti minyak nabati dan lemak hewani.

Berapa Banyak Biomassa yang  Digunakan untuk BBM?

 Para peneliti sedang mencoba untuk mengembangkan cara-cara untuk membakar  lebih banyak biomassa dan lebih sedikit bahan bakar fosil. Menggunakan biomassa untuk energi dapat mengurangi limbah dan emisi gas rumah kaca.

Kayu & Limbah Kayu

Pembakaran Kayu Bukanlah hal yang Baru

Bentuk biomassa yang paling umum adalah kayu. Selama ribuan tahun orang telah membakar kayu untuk pemanasan dan memasak. Kayu adalah sumber utama energi di seluruh dunia.

Menggunakan Kayu dan Limbah Kayu

 kayu, digunakan di rumah-rumah untuk pemanasan dan memasak.


Banyak pabrik-pabrik di produk-produk kayu dan industri kertas menggunakan limbah kayu untuk menghasilkan uap  dan listrik mereka sendiri. Ini menghemat uang perusahaan tersebut karena mereka tidak perlu membuang produk limbah  mereka  dan mereka tidak harus membeli lebih banyak listrik.

Limbah menjadi Energi

Energi dari Sampah

Sampah, yang sering disebut Limbah Padat Perkotaan (LPP) mengandung bahan-bahan biomassa (atau biogenik)  seperti kertas, kardus, sisa-sisa makanan, potongan rumput, daun, kayu, dan produk kulit, dan material-material biomassa yang mudah terbakar, terutama plastik dan bahan sintetis lainnya yang terbuat dari minyak bumi.

Apa yang akan kita lakukan dengan semua sampah kita ini? Salah satu solusinya adalah dengan membakarnya. Limbah atau sampah
organik adalah sampah yang berasal dari tanaman atau produk-produk hewani. Semua sampah organik juga mengandung energi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar